Pilih Menu

Pedagang Emas Wajib Tahu Ini.

Seorang Pedagang & Pembeli Haruslah Memahami Hakekat Riba❗️

As Subkiy dan Ibnu Abi Bakr mengatakan bahwa Malik bin Anas mengatakan,


فَلَمْ أَرَ شَيْئًا أَشَرَّ مِنْ الرِّبَا ، لِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى أَذِنَ فِيهِ بِالْحَرْبِ


“Aku tidaklah memandang sesuatu yang lebih jelek dari riba karena Allah Ta’ala menyatakan akan memerangi orang yang tidak mau meninggalkan sisa riba yaitu pada firman-Nya,


فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنْ اللَّهِ وَرَسُولِهِ

“Maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu (disebabkan tidak meninggalkan sisa riba).” (QS. Al Baqarah: 279)

Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam,

لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِى الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ ، أَمِنْ حَلاَلٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ

“Akan datang suatu zaman di mana manusia tidak lagi peduli dari mana mereka mendapatkan harta, apakah dari usaha yang halal atau haram.” (HR. Bukhari no. 2083)


Riba dalam emas

"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) gila.”(QS. Al Baqarah: 275)

PanoGoldRama semoga Istiqomah
PanoGoldRama semoga Istiqomah

Bgm Skema Syar'i Transaksi Emas❓

بسم الله الرحمن الرحي
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين اما بعد.

Oleh: Abu Alhasan Aldy

Emas adalah satu diantara barang Ribawi, berdasarkan hadits Nabi صلى الله عليه وسلم tentang komoditas Ribawi.

Secara singkat transaksi barang-barang Ribawi berbeda dengan barang-barang non-ribawi. Emas dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, garam dengan garam maka harus sama dan tunai.

Sebagai contoh: transaksi 1 kg emas dari Indonesia dengan 1 kg emas dari Arab maka harus memenuhi 2 syarat, yaitu sama beratnya dan harus tunai ( yadan biyadin ).

Demikian pula transaksi antara mata uang dengan emas, karena ulama menyamakan -illah- (alasan) mata uang sebagai alat tukar dengan emas. Maka yang demikian syaratnya adalah harus tunai atau langsung. Demikianlah pendapat Jumhur Ulama.

Permasalahan muncul ketika jual-beli emas dengan tidak tunai, melalui online, atau kendala jarak yang jauh bagaimana hukumnya? Tentu tidak boleh karena syariat melarangnya.

Kemudian, bagaimana solusinya, apakah ada? Kita jawab, tentu ada. Pasti ada solusinya. Karena agama ini adalah solusi dan Rahmat bagi semesta alam..Berikut ini adalah skema transaksi emas, solusi syar'i dalam jual-beli emas.

Silakan Download Solusi Skema Jual Beli emas pada link berikut: https://bit.ly/2EAUodY

Note: Dalam menyusun skema ini kami berkonsultasi dengan ustadz kami, Ustadz Ahmad Sabiq, LC. حفظه الله تعالى. https://sefangold.com

Apakah Marketing bisa sbg wakil Pembeli❓

Ada salah satu tim PanoGOLDRama di Surabaya yang menanyakan skema jual beli PGR kepada ustadz... Simak video dibawah ini :

Semoga menjadikan ilmu yang bermanfaat, barrakallahu fiikum
since sept 2020