Toko Mas

Toko Mas

Pilih Menu

Update News

Menjajaki kerjasama LM

Breaking News.

Awal bulan desember 2021, menjelang tutup buku akhir tahun. Guna menyongsong tahun 2022, kami :
Panogoldrama (PGR) menjajaki kerjasama dengan BMT diwilayah wonosobo. Ini adalah respon dan support kami selaku pelaku jual beli perhiasan emas dan logam mulia di wilayah wonosobo dalam merespon keinginan instansi-instansi terkait yang ingin mengenalkan edukasi cara cerdas menabung emas kepada anggota-anggotanya

Prinsip kaidah menabung emas hanya ada 3 :

1. Beli LM selagi mampu sesuai financial semampu kita (walau 0,1gr), tanpa melihat naik turunnya harga. Karena kita sejatinya, kita tidak tahu apa yg terjadi pada hari esok
 (inflasi)
2. Tentukan program jangka panjang saat kita memutuskan menabung perhiasan emas asli dan logam mulia. (hedging)
3. Istiqomah alias konsisten utk terus menabung emas. Tetapkan pada target diawal, dalam perencanaan kebutuhan jangka panjang (haji umrah, pendidikan, beli rumah, investasi, dll)

Semoga semakin banyak lagi, masyarakat umum diwil wonosobo...ter-edukasi dengan baik, bagaimana cara cerdas melindungi nilai rupiah kita untuk mencapai kebutuhan dimasa depan. 

Tujuan : Masyarakat wonosobo semua sejahtera dan dengan emas semua terlindungi aset finansialnya dari hantu inflasi.
Cara Cerdas Melindungi Rupiah
Cara Cerdas Melindungi Rupiah

Pentingnya Menabung Emas Murni

Menyimpan emas itu bukan untung/rugi namun mengamankan (hedging) nilai harta/save money, agar tdk tergerus inflasi.

Coba saat ini kita simpan uang 1 jt, dan emas 1 gram. Lalu 5 atau 10 tahun kemudian kita belanjakan. Saat itu kita akan sadar bahwa menyimpan rupiah dlm jangka waktu lama itu sangat merugikan.

Jadi.. jangan membuat panik hanya karena turun. Tiap tahun kan emas kalo tidak naik ya turun, begitu seterusnya. Dari mulai emas 200rb sampai sekarang diatas 900rb.

Apa emas kembali lagi ke 200rb❓

Seturun2nya emas tetap saja pada akhirnya naik juga.. Ingat "Emas is the real money" Tak ada ceritanya kertas mengalahkan emas 📌

Jadi kalau ada statement menyesatkan yg bilang , "Emas turun, segera jual. Semua.. segera jual ! " Fix.. itu cara seller yg pengin cari harga bagus dengan cara menakut-nakuti...

Seharusnya sebagai seller itu share edukasi yg positif ❗️

Sekali lagi, emas itu investasi jangka panjang, minimal 5 th. Kalau beli, langsung jual, ya rugi, kecuali para seller yg memang pekerjaannya jual beli.

Semoga Allah selalu memudahkan kita dalam menabung emas dan semoga kita semua semakin melek emas dan semakin paham apa kelebihan menabung emas daripada menabung kertas... 

Baarakallahu fikum (admin)
Bertemu Saudara Jauh
Bertemu Saudara Jauh

Argor dan PGR

Antara Swiss dan Wong ndeso Jowo. 2 saudara yg akhirnya dipertemukan.

Kisahnya, PGR ini suatu malam bermimpi, bertemu sosok hitam di suatu tempat antah berantas dalam dunia mimpi.

PGR sesaat tersepona dengan pembawaan dan pesonanya... dan akhirnya diketahui namanya Argor H.

Akhirnya mereka berdua bercerita tentang segala kehidupan, suka dukanya dalam dunia emas.

Tentu saja PGR belajar dari segala pengalaman Argor H yang sudah berpuluh-puluh tahun berkecimpung dalam dunia Logam Mulia Internasional. Sebutan saya : simbah emas.

PGR mendengarkan petuah serta nasehat sembari memandang dan terpesona dengan karisma fisiknya, juga kisahnya... tiba-tiba PGR terbangun dari tidurnya.

Dan sejak saat itulah PGR berazam, akan setidaknya mengikuti jejak dan perjalanan hidup simbah Argor H, sebagai motivator dalam sebuah perjuangan perjalanan yang panjang ini..

Owner PGR
abuinha 2020
www.panogoldrama.com
Pajak Emas
Pajak Emas

Mengenal Lebih Jauh Pajak Emas

Oleh: Halimah Kurnia Sari, pegawai Direktorat Jenderal Pajak

Saat ini jumlah penduduk Indonesia yang berada di usia produktif tahun 2020 mencapai 185,22 juta jiwa atau sekitar 68,75% dari total populasi. Dari jumlah tersebut, banyak dari mereka yang memiliki kesadaran untuk mengatur penghasilan mereka atau sebisa mungkin menambah penghasilan yang ada dengan terjun ke dunia investasi. Terdapat berbagai macam bentuk investasi seperti tabungan, deposito, reksadana, obligasi, saham, properti, dan emas yang dapat dipilih berdasarkan profil risiko masing-masing investor.

Salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko rendah dan sering disebut sebagai safe heaven adalah emas karena aset ini diharapkan nilainya sejalan dengan inflasi untuk jangka waktu yang lama. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang menyebabkan harga emas melambung tinggi karena banyaknya permintaan emas sebagai instrumen investasi yang aman di tengah kekhawatiran krisis ekonomi.

Standar perekonomian dunia mungkin tidak berhubungan dengan nilai emas, namun nilai emas adalah dasar nilai riil. Selain itu emas juga disebut sebagai alat penyimpan nilai atau store of value. Nilai dari komoditas emas tidak dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga yang ditetapkan pemerintah. Emas yang sering dipakai dalam investasi berbentuk emas batangan yang tidak mengalami penyusutan atau ongkos pembuatan yang biasa dikenakan apabila di jual dalam bentuk perhiasan.

Banyak yang belum mengetahui bahwa terhitung sejak tahun 2015 berdasarkan PMK Nomor 107/PMK.010/2015 tentang Pemungutan Pajak Penghasilan Sehubungan dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang dan Kegiatan di Bidang Impor atau Kegiatan Usaha di Bidang Lain yang kemudian ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.010/2017 tentang Pungutan Pajak Penghasilan 22 ditetapkan pada 1 Mei 2017 pembelian emas batangan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22.

Bagaimana pajak terhadap pembelian emas batangan?

Berdasarkan Pasal 5 ayat (1) huruf (h) dalam PMK Nomor 34/2017 tentang Pungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 ditetapkan PPh Pasal 22 atas penjualan emas batangan oleh badan usaha yang melakukan penjualan sebesar 0,45% bagi pembeli yang memiliki NPWP dari harga jual emas batangan. Namun, sebesar 0,9% untuk pembeli yang tidak memiliki NPWP. Kemudian berdasarkan Pasal 3 ayat (4) masih dari PMK yang sama, produsen emas batangan akan menyetorkan pajak penghasilan badan tersebut ke kas negara melalui Pos Persepsi, Bank Devisa Persepsi, atau Bank Persepsi yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan.

Produsen emas batangan yang dimaksud yaitu wajib pajak yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan untuk melakukan pemungutan dan penyetoran PPh Pasal 22 sehubungan dengan pembayaran atas penyerahan barang dan kegiatan di bidang impor atau kegiatan usaha di bidang lain, dalam kasus ini contohnya PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. Hal ini mengartikan bahwa pembeli emas tidak menyetorkan pajak penghasilan tersebut namun pajak tersebut sudah termasuk dalam harga pembelian emas. Setiap pembelian emas batangan akan dipungut PPh Pasal 22 oleh badan usaha penjualnya dan pembeli akan mendapatkan bukti potong PPh Pasal 22.

Setelah membeli emas, wajib pajak harus melaporkannya pada Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bagian harta akhir tahun. Dalam buku petunjuk pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi disebutkan tentang harta-harta apa saja yang perlu dilaporkan dalam SPT Tahunan. Kategori besarnya harta dalam bentuk kas dan setara kas, piutang, investasi, alat transportasi, harta bergerak lainnya dan harta tidak bergerak. Sub kategorinya secara spesifik menyebutkan uang tunai dan tabungan saham, obligasi, surat utang, reksadana, sepeda motor, mobil, logam mulia, peralatan elektronik, dan tanah dan bangunan. Selain itu, bukti potong yang didapat saat pembelian emas dapat digunakan sebagai kredit pajak pada SPT Tahunan.

Bagaimana pajak saat penjualan emas kembali?

Setelah menyimpan emas dengan jangka waktu tertentu, akan ada masanya memperoleh keuntungan dari investasi tersebut dengan penjualan emas kembali atau sering disebut buy back. Hal yang perlu diperhatikan saat penjualan emas kembali agar mendapat keuntungan maksimal, pertama pantau grafik pergerakan harga emas mengingat emas sebagai instrumen jangka panjang yang harus disimpan dalam waktu lama untuk merasakan untung. Kedua, perhatikan harga jual emas dan beli karena terdapat selisih yang cukup jauh.

Selain itu sesuai dengan PMK Nomor 34/PMK.10/2017 penjualan kembali emas batangan dengan nominal lebih dari 10 juta, dikenakan PPh Pasal 22 sebesar 1,5% untuk pemegang NPWP dan 3% untuk non NPWP. PPh Pasal 22 atas transaksi penjualan emas kembali dipotong langsung dari total nilai penjualan emas. Pemotongan terjadi jika transaksi penjualan emas kembali dilakukan dengan badan yang ditunjuk sebagai pemungut pajak, seperti bendahara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penjualan kembali emas yang melebihi batasan 10 juta akan dipotong PPh Pasal 22 kembali. Namun, hasil potongan pajak ini dapat dikreditkan pada SPT Tahunan jika wajib pajak dengan memasukkan bukti potong PPh Pasal 22 pada SPT Tahunannya.

Berdasarkan uraian di atas, diketahui bahwa melakukan investasi emas akan memberikan keuntungan jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Setiap pembelian emas akan dikenakan PPh Pasal 22 sebesar 0,45% bagi pembeli yang memiliki NPWP dan 0,9% untuk pembeli yang tidak memiliki NPWP dari harga jual emas batangan. Pembeli emas tidak menyetorkan pajak penghasilan tersebut namun pajak tersebut sudah termasuk dalam harga pembelian emas. Kepemilikan emas nantinya harus dilaporkan sebagai harta akhir tahun pada SPT Tahunan pemiliknya. Selain itu, penjualan kembali emas akan dipotong PPh Pasal 22 jika transaksi melebihi 10 juta dan dilakukan dengan wajib pajak yang ditunjuk sebagai pemungut PPh Pasal 22. Setiap transaksi yang dilakukan pemotongan PPh Pasal 22 akan diperoleh bukti potong yang nantinya dapat dikreditkan dalam SPT Tahunan.

*) Artikel ini merupakan pendapat pribadi penulis dan bukan cerminan sikap instansi tempat penulis bekerja

Warna Emas Murni 24k
Warna Emas Murni 24k

Fakta Menarik Tentang Emas

  • Kemurnian Emas

Emas 24 karat merupakan emas murni atau 100% emas. Sedangkan untuk emas 18 karat adalah perpaduan 75% emas dan 25% logam lain. Emas 14 karat adalah perpaduan antara 58,3% emas dan 41,7% logam lain, dan emas 10 karat merupakan emas 41,7% dan 58,3% logam lain.  

  • Warna Emas

Warna emas ditentukan oleh dua faktor, yaitu presentase masing-masing logam campuran dan jenis campuran logam lain. Nah, emas memiliki beberapa warna diantaranya:

Beberapa contoh hasil warna dari peleburan emas murni dengan logam lain :

  • Emas dicampur besi akan menghasilkan Emas Biru
  • Emas dicampur tembaga akan menghasilkan Emas Merah
  • Emas dicampur aluminium akan menghasilkan Emas Ungu
  • Emas dicampur perak murni akan menghasilkan Emas Kuning
  • Emas dicampur tembaga + besi akan menghasilkan Emas Abu-abu
  • Emas dicampur perak murni + tembaga akan menghasilkan Emas Jingga
  • Emas dicampur palladium + perak murni akan menghasilkan Emas Coklat
  • Emas dicampur timah sari + nikel + perak murni akan menghasilkan Emas Putih
  • Emas dicampur perak murni + kadmiun + tembaga akan menghasilkan Emas Hijau. (admin)
Cinta Produk Lokal
Cinta Produk Lokal

4 alasan utama harus belanja produk lokal

Masih butuh alasan kenapa kamu harus mendukung mereka? Cek dulu deh poin-poin dibawah ini!

  1. Mendukung terciptanya industri yang kompetitif. Saat kamu membeli produk dari merk lokal, otomatis kamu juga punya peran dalam meningkatkan kualitas produk mereka. Nah semakin banyak produk lokal keren yang terjual tentu akan muncul beberapa saingannya dong, dari sinilah akan tercipta industri lokal yang kompetitif dengan banyak variasi barang. Dalam jangka panjang, bakalan bisa banget ngurangin kuota import.
  2. Gaya dan kualitasnya nggak kalah dengan yang impor! Sadar nggak sih kalau Indonesia itu udah dianugerahi gaya unik tersendiri? Sentuhan tradisional dari motif-motif batik yang ada dari Sabang hingga Merauke otomatis bisa dijadikan asset yang berharga lho. Merk lokal juga udah banyak yang menggunakan motif seperti ini dalam produknya, bangga kan kalau ikutan melestarikan budaya sendiri? Apalagi dengan kualitasnya yang saat ini makin  membaik!
  3. Bangga bisa membantu karya anak negeri. Punya industri lokal yang berkembang dengan baik menunjukkan ada semangat anak muda untuk maju dan mandiri. Setuju nggak? Kalau udah ada semangat seperti ini yuk kita dukung dengan membeli produknya! Kamu juga pasti lebih bangga kan kalau ada produk lokal dalam lemari?

Lebih hemat untuk kantongmu. Nggak bisa dipungkiri, selain pertimbangan kualitasnya saat membeli barang untuk harga juga penting. Sayang banget kalau uang kita malah dipakai untuk barang yang nggak bisa mendukung produk lokal. Setuju nggak nih?

Berbagai produk lokal yang dibuat oleh pengusaha muda apalagi dengan bentuknya yang kreatif tentu membuat Indonesia istimewa! (admin)

Pengusaha Jogja
Pengusaha Jogja

Mengedukasi Tetangga Menabung Emas Murni

"Tetangga banyak yang minat dan mulai tersadarkan untuk menabung emas murni, yang dulu saya tawar-tawarkan belum mau, eh... alhamdulillah sekarang mau."

Pengusaha Pempek Asli Sumatera dan Usaha Onderdil Motor Sleman Jogja. Hub / WA (admin author) 

Perjanjian Kerjasama Bisnis
Perjanjian Kerjasama Bisnis

Koperasi Wanita SBW Surabaya

Merupakan salah satu koperasi terbesar yang ada di kota Surabaya, dengan anggota 13,000. Jauh sebelum itu (sekitar tahun 2017an) kami sudah menjalin kerjasama dalam hal pengadaan logam mulia antam. Dan kini, kedua belah pihak kembali menjalin kesepakatan secara lembaga B to B, dalam hal kerjasama LM PGR 24k kadar 999,9.

Dasar kerjasama : Didasari oleh sikap kejujujuran, saling percaya, keterbukaan, saling menghormati dan tanggung jawab kedua belah pihak.Tujuan kerjasama : Mendapatkan manfaat yang optimal bagi kedua belah pihak.

Selamat kepada masyarakat surabaya jatim, kini kehadiran emas murni LM PGR 24k kadar 999,9 sudah ada di kopwan SBW jemur handayani surabaya dan semua bisa menabung emas murni, cara cerdas melindungi nilai rupiah kita semua. 

Sudah ada kemudahan bagi masyarakat surabaya umumnya yang ingin menjual dan membeli, baik emas murni dan perhiasan emas di kopwan SBW surabaya. Hub / WA (admin author/24 Nov 2020)

Kunjungan Kerjasama
Kunjungan Kerjasama

BMT Permata Banjarnegara

Tercapai kesepakatan diantara kedua pihak guna meningkatkan kerjasama yang lebih baik. PKS dilakukan antara 2 lembaga Bisnis to Bisnis.

Dasar kerjasama : Didasari oleh sikap kejujujuran, saling percaya, keterbukaan, saling menghormati dan tanggung jawab kedua belah pihak.Tujuan kerjasama : Mendapatkan manfaat yang optimal bagi kedua belah pihak.

Selamat kepada masyarakat banjarnegara jateng, kini kehadiran emas murni LM PGR 24k kadar 999,9 sudah ada di BMT Permata Petambakan dan semua bisa menabung emas murni, cara cerdas melindungi nilai rupiah kita semua. 

Sudah ada kemudahan bagi masyarakat banjarnegara yang ingin menjual dan membeli, baik emas murni dan perhiasan emas di BMT Permata. Hub / WA (admin author/2 Nov 2020) 

Cara Cerdas Melindungi Rupiah
Cara Cerdas Melindungi Rupiah

Cara Cerdas Menabung Emas Murni

  • Masyarakat sudah melek emas. 
  • LM branded semakin mahal dan sulit di dapat dipasaran. 


Maka, telah hadir LM PGR 24k untuk kita semua, untuk siapa saja... yang sudah teredukasi emas dengan baik... toh itu lo, PGR kadarnya 999,9 sama seperti antam, ubs, kinghalim, lotus archi, waris, galeri24, eoa, dll. Emas murni tetaplah emas murni, mau suatu saat nanti dijual pasti akan mengikuti harga pasar pada saat itu. Silakan cek kadar PGR secara jujur dan obyektif... dijamin emas murni 24k kadar 999,9. Alhamdulillah...

#VideoEdukasiEmas

since sept 2020